http://picasion.com
.

1:49 PM
0
Reza NOAH

Ilsyah Ryan Reza (lahir di Poso, Sulawesi Tengah, 11 Maret 1977; umur 37 tahun), ia pergi meninggalkan kota kelahirannya untuk kuliah di Bandung kemudian bergabung dengan Noah pada tahun 2001 untuk menggantikan Ari sebagai drummer baru di band tersebut, sapaannya yang paling akrab ialah Reza. Pada bulan Januari 2015 Reza keluar dari NOAH Yang telah membesarkan namanya.

Reza merupakan seorang yang getol dalam bermusik hal itu terlihat sejak dia masih bergabung dalam grup band sebelumnya yang berasal dari Bandung juga seperti Black Forest dan berganti nama menjadi "REALACT". Pada Saat masih di grup Realact inilah Reza menjadi drumer Audisional Peterpan sebelum peterpan menjadi besar seperti sekarang ini. sebab realact dan peterpan adalah teman bermain dan kadang beberapa personel peterpan juga diminta untuk membantu grup Realact jika salah satu personel mereka berhalangan dan yang paling sering diminta adalah Reza untuk mengisi sebagai drumer peterpan hingga akhirnya masuk menjadi personel paten di peterpan. Reza menyukai musik sejak SMA, dan sudah memiliki grup Band dengan nama band Crue 21. Yang paling unik adalah Reza adalah seorang vegetarian sejati.(Wikipedia)
NOAH 
Tidak mudah bagi Reza untuk meninggalkan NOAH yang kini sedang berada di puncak karier bermusik. Namun faktanya, sang penggebuk drum harus memulai kehidupan baru tanpa Ariel Cs. Saat pamit mundur di sebuah program acara malam pergantian tahun 2014, Reza secara khusus mengungkapkan perasaannya meninggalkan band yang sudah 14 tahun membawanya eksis di panggung musik.
Reza NOAH dan keluarga
"Ini sangat berat," ucap Reza saat ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (1/1/2015) dini hari. Mata yang berkaca-kaca saat pamit mundur dari kebersamaan bersama Ariel, Uki, Lukman dan David sekaligus menyiratkan betapa sulit Reza menerima kenyataan berpisah dari band yang populer lewat lagu 'Separuh Aku' itu.
"Pokoknya nggak bisa jawab, sangat sedih (berpisah dengan NOAH)," papar Reza.
Reza resmi hengkang dari NOAH pada 1 Januari 2015. Meski mengatakan masih akan eksis di bermusik, namun waktunya justru akan lebih banyak dihabiskan dengan aktifitas memperdalam agama Islam. Reza juga mengatakan kalau dirinya tetap akan memperhatikan NOAH. "Tapi nggak ikut manggung, hanya melihat perkembangan NOAH dari media saja," ungkap dia.
Per 1 Januari 2015 lalu, Reza sudah tak lagi menjadi penggebuk drum NOAH. Aktivitasnya saat ini pun dihabiskan untuk menjalani kesibukan di dunia bisnis dan bercengkerama bersama keluarga.
"Reza akan fokus di bisnis dan keluarga saja (selepas hengkang dari NOAH)," ucap Dewi, istri Reza saat ditemui di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu. Bisnis yang dijalankan Reza tetap tak jauh-jauh dari musik. Ia memiliki studio musik dan yang dipergunakan untuk latihan band sekaligus rekaman musik.
"Kita kan punya studio rekaman, ada clothing line juga. Itu saja paling yang dimaksimalkan sama Reza nanti," papar sang istri. Sang istri memastikan kalau kehidupan Reza tak akan jauh berbeda dengan saat masih bergabung bersama NOAH. Meski saat ini bersolo karier tanpa ditemani Ariel Cs, Reza tetap terlihat nyaman.
"Nggak sih, sama saja. Dia memang sudah menikmati keputusan yang diambil ya, jadi dijalanin saja katanya," tutup Dewi.
Ariel, Uki, Lukman dan David sepakat untuk mempertahankan eksistensi NOAH bersama setelah Reza menyatakan mundur. Mereka juga mengatakan kalau posisi Reza di NOAH tak tergantikan.
NOAH memutuskan untuk menggunakan additional player menggantikan posisi drummer yang ditinggal oleh Reza. Sehingga, tak ada rekrutmen personel baru di tubuh band yang ngetop lewat lagu Seperti Kemarin.
"Sementara ini kita pakai additional player. Kayaknya kalau posisi Reza nggak akan diganti," ucap Uki, gitaris NOAH, saat ditemui di kantor Musica Studio's, Jakarta Selatan, Senin (22/12/2014).
Sebelum pamit mundur, Reza sudah membawa beberapa orang yang dianggap tepat untuk menggantikan posisinya sebagai drummer NOAH.
"Reza kemarin juga sempat membawa beberapa calon yang bagus, tapi kita masih ke tahap pemilihan. Belum ada yang bisa menggantikan Reza," papar Uki. NOAH merasa kalau Reza masih akan kembali memperkuat band yang semula bernama Peter Pan itu. Sehingga, mereka memutuskan untuk membiarkan posisi drummer tetap kosong.
"Kalau nanti Reza mau balik lagi, ya kita terima dengan lapang dada. Karena biar bagaimana pun, komunikasi dan silaturahmi sama Reza nggak akan pernah putus. Kita sih lihatnya Reza cuma jenuh," tambah Lukman.
Sang vokalis, Ariel, angkat bicara seputar pengunduran diri Reza dari NOAH. Ia pun menyayangkan keputusan sang drummer yang memilih untuk meninggalkan band setelah 14 tahun bermusik bersama.
"Benar Reza mengundurkan diri dari NOAH. Mulai 1 Januari 2015, Reza sudah nggak bareng kita lagi, nggak ngeband lagi bersama NOAH," ucap Ariel saat jumpa pers di kantor Musica Studio, Jakarta Selatan, Senin (22/12/2014).
Ariel menilai keputusan Reza untuk hengkang dari NOAH bukanlah sesuatu yang aneh. 14 tahun ngeband bareng, wajar jika personel NOAH dirundung rasa jenuh.
"Kita ngeband sudah lama, di setiap pribadi pasti terjadi, saya bisa bilang jenuh. Kelima-limanya, bukan hal yang aneh kalau ingin berganti kehidupan, mengganti kehidupan yang baru," papar pelantun Seperti Kemarin itu.
Meski tak membeberkan alasan pasti soal hengkangnya Reza, Ariel menyebut keputusan sang drummer untuk hengkang sudah bulat.
"Sudah lama sekali kita diajak ngobrol soal ini. Bukan sekali ngobrol selesai, kita diskusi juga. Dan pada akhirnya kita dan yang lainnya harus menghormati apa yang jadi keinginan Reza," tutup Ariel.
Sempat muncul kabar kalau setelah mundur dari NOAH, Reza akan fokus mendalami Islam. Namun saat memberi keterangan pers, Reza mengaku tidak begitu saja berhenti bermusik.
"Tapi rutinitas bandnya nggak seperti NOAH yang setiap saat bisa tampil," ucap Reza disela-sela jumpa pers di Musica Studio's, Jakarta Selatan, Senin (22/12/2014).
Dalam kesempatan itu, Reza menjabarkan alasannya hengkang dari grup band yang sudah 14 tahun ia tangani bersama Ariel, Uki, Lukman dan David, berkiprah di panggung musik nasional.
Tapi, Reza sama sekali tak menekankan soal keinginan untuk mendalami agama Islam, seperti yang marak diberitakan beberapa hari terakhir.
"Saya sangat-sangat nggak fokus, kasihan anak-anak NOAH. Mereka bergairah dan terus bersemangat bermusik, sayanya engap-engapan. Jadi dengan sangat berat hati saya mundur," jelas Reza.
Siapa sangka para Sahabat Noah akhirnya melihat band pujaannya itu ditinggalkan oleh drummernya, Reza. Alasan dirinya meninggalkan band yang membesarkan namanya itu pun sangat dalam, yaitu demi bisa mendalami Agama Islam.
Sebelumnya, sebuah tagar bertuliskan #RezaNOAHMoment di jejaring Twitter, sempat membuat para penggemar bertanya-tanya mengenai apa di balik alasan sang drummer hingga memutuskan untuk hengkang dari Noah.
Keputusan Reza untuk bisa mendalami agama Islam itu, dirasa seolah mengikuti jejak Sakti, mantan gitaris Sheila on 7. Kala itu, pemilik nama asli Saktia Ari Seno itu mengundurkan diri dari band pada 2006.
Sakti sempat menimba ilmu ke Pakistan dan mengubah penampilannya menjadi lebih Islami. Ia lalu menumbuhkan janggut sambil mengenakan baju gamis lengkap dengan peci. Bahkan, ia turut mengganti namanya menjadi Salman Al-Jugjawy.
"Jadi nama Salman dari kiyai saya, Salman artinya selamat, Jugjawy artinya dari Jogja. Jadi artinya Salman dari Jogja," ungkap Sakti dalam wawancara di Cawang, Jakarta Timur, pada tahun lalu.
Diakui oleh Sakti, ia waktu itu pergi ke Pakistan untuk belajar dakwah dengan kursus kilat sekitar dua bulan. Kemudian mengunjungi India, Pakistan, dan Bangladesh sekitar empat bulan. Ia lalu berikrar agar apa yang didapatnya di sana bisa dipraktikkan di Indonesia.
Akan tetapi, jiwa Sakti sebagai seorang musisi tak hilang. Ia lalu memilih jalur musik sebagai salah satu cara berdakwahnya. Bersama Eross, rekannya di Sheila On 7 dulu, pria kelahiran 14 Juni 1980 itu pun menggarap lagu religi.
Meskipun melontarkan pernyataan yang terdengar berbeda, namun jika disimak, alasan Reza pun tak jauh beda dengan Sakti. Diutarakannya, "Saya mau mencoba hidup yang lurus. Bukan berarti saya sudah lurus atau benar, tapi pengin mencoba hidup yang benar."
"Selama ini saya mungkin yang hidup dengan hingar bingar dan segala macam, saat sekaranglah kita butuh perubahan," ucap Reza kepada sebuah tayangan infotainment, baru-baru ini.
Keinginan Reza untuk hengkang dari Noah, sebenarnya juga sudah lama ada di benaknya. Namun demikian, butuh waktu baginya untuk benar-benar memantapkan niat dan mendapatkan restu dari Ariel, Uki, Lukman, dan David selaku rekan-rekannya di band tersebut.
Lantas, apakah kelak Reza akan kembali ke industri musik dengan warna yang berbeda setelah mendalami Islam? Kita tunggu saja kelanjutannya nanti.
(dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

ThankYou for YouTube