http://picasion.com
.

8:42 PM
0
Logiss Record
Perusahaan Rekaman Rock terbesar di Indonesia ini didirikan oleh Log Zhelebour bersama Iwan Sutadi Sidharta. Setelah Log Zhelebour sukses menggelar Festival Rock Indonesia 1984 di Surabaya sampai seterusnya, akhirnya Log Zhelebour memutuskan untuk membuat perusahaan rekaman yang bisa dibilang tempatnya musisi Rock terbaik di Indonesia. Di era 90an saat "booming"-nya musik Rock di Indonesia ini, Logiss Record bener2 merajai pangsa musik Rock di Indonesia dengan menaungi band2 terkenal di jaman itu begitu juga penyanyi solo Rock-nya.
Log Zhelebour selalu mencari band2 Rock yg berbakat dan biasanya diambil dari ajang Festival Rock Indonesia yang dihadari puluhan band Rock di seluruh Indonesia. Album yg paling sukses dari semua band yg dinaungi oleh Logis Record adalah albumnya Jamrud yg berjudul Nigrat thn 2001 yg terjual sekitar 2 juta eksemplar/copies. Seiring dengan merosotnya musik Rock di Indonesia, Logiss Record pun mengalami kemrosotan prestasi dan memasuki thn 2007 band2 Rock di Indonesia semakin sedikit karena tergusur oleh band2 Pop.
Band2 Rock terkenal yg pernah dinaungi Logiss Record yaitu God Bless, El Pamas, Power Metal, Boomerang, Jamrud, Grass Rock, Rotor, Edane dsb.

Aquarius Musikindo
Perusahaan Rekaman ini didirikan di thn 1969, saat itu mereka bekerja sama dengan radio Prambors membentuk Pramaqua. Album pertama yang dirilis Pramaqua waktu itu adalah albumnya God Bless di thn 1975 dan setelah itu merilis album2nya Warkop DKI. Pendiri perusahaan rekaman Aquarius Musikindo adalah Johannes Soerjoko yang banyak menaungi hampir seluruh aliran musik seperti Jazz, Pop dan Rock. Banyak juga band2 terkenal dan penyanyi2 solo yang dinaungi Aquarius Musikindo.
Thn 2001, Aquarius Musikindo resmi menjadi distributor album2 penyanyi/band dari luar negeri setelah bekerja sama dengan EMI dan Sony. Di thn 1995, Aquarius sempat mendirikan toko musik yg dianggap terbesar saat itu yang didirikan di kota2 besar spt Jakarta, Bandung, Surabaya dsb. Namun saat maraknya pembajakan kaset di Indonesia ini membuat Aquarius Musikindo mengalami kerugian besar dan banyak yg ditutup toko2 musiknya di beberapa kota.
Band2 Rock terkenal yg pernah dinaungi Aquarius Musikindo yaitu God Bless, Dewa 19, Suckerhead, The Flowers, PAS Band, Funky Kopral, Utopia dsb.

Project Q
Perusahaan Rekaman ini bisa dibilang biasa2 saja dan tidak sebesar Logiss, EMI, Aquarius, Sony dsb. Tapi kesuksesannya melambungkan album Slank yg pertama membuat Project Q menjadi cukup terkenal saat itu dan banyak juga musisi2 terkenal yang dinaunginya.
Project Q didirikan oleh Boedi Soesatio di era 80an dan pertemuannya dengan Slank itu berawal dari sang Keyboardis Slank yaitu Indra Q yg tak lain adalah anak dari temannya Boedi Soesatio. Saat Boedi Soesatio mendengarkan lagu2 Slank di album Suit Suit He He, dia percaya bahwa lagu2 Slank akan terkenal dan disukai anak2 muda.
Nama Project Q diambil dari nama istri Boedi Soesatio yg bernama Sri Rezeki. Project Q juga merilis album Indonesian Art Rock di thn 1990 yg lagu2nya diisi oleh Achmad Albar, Ian Antono dan Areng Widodo dan albumnya Davin serta ON-R. Dan kesuksesannya semakin bertambah saat menaungi album Nike Ardilla yg terkenal spt Bintang Kehidupan dan Seberkas Sinar.
Tapi sayangnya di thn 1998, Project Q mengalami kebangkrutan seiring dengan berjalannya krisis moneter saat itu.
Band2 Rock yg pernah dinaungi Project Q yaitu Slank, Kidnap, Koil dsb

0 komentar:

Posting Komentar

ThankYou for YouTube