http://picasion.com
.

9:10 PM
0
Band Rock Indonesia yang terkenal ini sering berdandanan ala Gothic Rock

Band Rock asal Bandung ini sebenarnya awalnya bernama Badai yg didirikan dari thn 1992. Berawal dari Mellow Cat yg dibentuk di thn 1987 dgn personilnya Gema (Vokalis), Jikun (Bassis), Andy (Gitaris) dan Kiky (Drummer). Saat itu kebanyakan mereka masih kuliah dan mereka sering memainkan lagu2 Rock Progressive spt YES, Marillion dsb. Tak lama kemudian di thn 1990 mereka bubar dan membentuk band lagi bernama Red Pingky.

Jikun mengajak sodaranya Andy yaitu Maggi mengisi posisi Drummer dan Trisno dari PAS Band sempat ikutan gabung juga. Di band ini Jikun yg awalnya Bassis pindah menjadi Gitaris dan posisi Bassis dipegang Trisno. Lalu mereka kebingungan mencari vokalis dan akhirnya mereka memilih Andy yg dulunya Gitaris dijadikan Vokalis dari Red Pingky. Lalu tak disengaja Baron ingin membuat band dan dia pergi ke Universitas Parahyangan Bandung untuk mencari vokalis.

Disitulah Baron bertemu dgn Red Pingky dan tertarik dgn suaranya Andy, lalu Baron mengajak Andy membuat band baru yg dinamai Badai di thn 1992 bersama yg lainnya spt Iwan/Ones (Bassis), Ade (Drummer) dan Dwi (Keyboardis). Sebenarnya band ini banyak melakukan pergantian personil mulai dari Daru (Keyboardis), Iyus (Gitaris), Andri (Gitaris), Jackie dan Micko mantan personil Protonema yg pernah gabung bersama Badai, terakhir Denny (Gitaris) ikutan gabung.

Banyak rintangan yg dialami Badai yaitu dengan keluarnya Baron yg akhirnya menerima ajakan Dewa Budjana dan Armand Maulana untuk gabung ke Gigi. Dan ternyata band ini menyisakan 3 orang saja yaitu Andy, Iwan dan Denny. Lalu Andy mengajak rekannya dulu yaitu Jikun dan sodaranya yaitu Maggi ikutan gabung dengan bandnya. Thn 1995, mengubah nama Badai menjadi /RIF (Rhythm In Freedom) dan simbol garis miring itu menandakan mereka sebagai band yg beda, alternatif, berani. 

Dulu saat berada di Bandung, /Rif banyak dikenal remaja2 penggemar musik Rock disana. Tiap malam sabtu biasanya /Rif manggung di kafe O'hara's Travern yg biasanya tempat nongkrong org2 bule dan sering dipenuhi penonton jikalau /Rif lagi tampil disana. Kalo manggung /Rif biasanya membawakan lagu2 milik band luar negeri spt Pearl Jam, Green Day, Smashing Pumpkins, U2 dll. Lalu tak lama kemudian ditawari menjadi band pembuka dari acaranya Java Jive, Kahitna di Hard Rock Cafe yg ada di Jakarta.

Sempat juga manggung di beberapa kota spt Yogyakarta, Semarang, Tasikmalaya hingga ke Balikpapan. Setelah lama manggung kesana-kemari akhirnya /Rif mulai tertarik membuat album pertamanya di awal thn 1997 dgn judul Radja. Lagu2 yg hits saat itu adalah "Bunga", "Bintang Kejora", "Jeni" dsb. Dan ada 1 lagu yg sangat terkenal saat terjadi era Reformasi di Indonesia dgn lengsernya Pak Harto dan lagu itu judulnya "Radja". Album ini cukup laris dgn terjual lebih dari 300 ribu keping.

Lalu thn 1998 merilis album lagi dgn judul Salami yg artinya Selamatkan. Album ini ternyata mendapatkan penghargaan di thn 1999-2000 dgn lagu2 hitsnya spt "Aku Ingin", "Si Hebat", "Jigsaw" dsb. Thn 2000 merilis album dgn judul Nikmati Aja. Lagu yg paling di album itu adalah "Lo Toe Yo" disusul lagu lain spt "Bilang Tidak", "Peter Pan", "Dream" dsb. Thn 2002 merilis album baru dgn judul ...Dan Duniapun Tersenyum dgn lagu2 hitsnya spt "Salah Jurusan", "Cinta", "Bungaku Kesepian" dsb.

Dan ada 1 lagu dialbum itu yg dimasukkan ke album OST Spiderman yg judulnya "Dunia". Ada 23 lagu di album OST Spiderman dan yg mengisi lagu2 disitu ada band2 Rock terkenal didunia spt Aerosmith, SUM 41, Shelter dsb. Sayangnya tak lama kemudian ada masalah internal dan ketidak cocokannya dgn perubahan musik /Rif memaksa Denny harus keluar dari /Rif di thn 2003 dan posisinya digantikan oleh Ovy eks-Gitaris U Camp. 

Thn 2004 merilis album The Best of /Rif dgn lagu2 hitsnya + 3 lagu yaitu "Joni Esmod", "Sendiri" dan "Arah" yg dijadikan OST film Tusuk Jelangkung. Thn 2006 merilis album dgn judul Pil Malu dgn lagu2nya spt "So-Nya", "Batas", "Manis Getir", "Pil Malu" dsb. Di thn 2007, Sang Bassisnya yaitu Iwan (Ones) menyatakan keluar dari /Rif sehingga Riff memakai Bassis additional Player spt yg dilakukan Bon Jovi. Dan Teddy ditunjuk sebagai Bassis sementara dari /Rif di album 7 yg dirilis di thn 2010.

Lagu2 di album itu spt "Son", "Fight", "Awan Hitam" dsb. Thn 2012, /Rif menetapkan Teddy menjadi Bassis yg permanen dan mulai merilis album di thn 2013 dgn judul 18 Years of Rock yg banyak berisikan lagu2 hits /Rif + 3 lagu baru. 3 lagu baru itu adalah "Aku Tahu Ini Cinta", "Party Lagi" dan "Luka" dan ada juga lagu2 re-make ulang penyanyi lain. Di album ini /Rif juga duet dgn Judika di lagu yg berjudul "Takut". 

Thn 2007, Sang Gitarisnya yaitu Ovy sempat sering nongol di infotainment dikarenakan dia menikah dengan Titi DJ dan dijadikan bahan gosip tiap harinya saat itu.



0 komentar:

Posting Komentar

ThankYou for YouTube